Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Operasi Campuran Bilangan Bulat dan Pecahan - Sibu ( Sedekah Ilmu di waktu subuh )

Assalamualaikum Warohmatullahi Wabarokatu

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas permasalahan matematika tentang operasi campuran bilangan bulat dan pecahan sebagai berikut:

Ada 2 pernyataan A dan B dimana

(dibaca : A sama dengan satu dikurangi dua setengah persen kali seratus dibagi satu per sepuluh ditambah 3)

(dibaca : B sama dengan tiga dibagi tiga perempat persen dikurangi tiga ditambah enam dikali nol)

mempunyai hubungan seperti apa?

a. A > B

(deskripsi : A lebih besar dari B)

b. B > A

(deskripsi : B lebih besar dari A)

c. 2A < 3B

(deskripsi : dua kali A lebih kecil dari tiga kali B)

Pembahasan

Pada permasalahan di atas dapat kita identifikasi bahwasanya soal meminta kita memilih dan membuktikan hubungan pernyataan A dan B itu masuk opsi a, b, atau c. bisa jadi jawabanya mungkin tiga-tiganya. nah kita kupas satu-satu nilainya.

Sebelum kupas, kita bahas aturan main pada operasi campuran. perlu kita ingat operasi campuran menggunakan kaidah mendahulukan operasi :
a. operasi bilangan yang ada pada kurung ( ...... )
b. operasi perkalian dan pembagian
c. operasi penjumlahan dan pengurangan

Pernyataan A


(Deskripsi : A sama dengan satu dikurangi dua setengah persen kali seratus dibagi satu per sepuluh ditambah 3. karena ada perkalian dan pembagian maka kita selesaikan perkalian dan pembagian terlebih dahulu)


(Deskripsi : A sama dengan satu dikurangi dua setengah per seratus kali seratus dibagi satu per sepuluh ditambah 3. karena 100 dibagi 100 nilainya satu maka menjadi)

(Deskripsi : A sama dengan satu dikurangi dua setengah dibagi satu per sepuluh ditambah 3. Cara mudah operasi selanjutnya apabila dibelakang bagi pecahan maka penyebut menjadi pembilang dan pembilang menjadi penyebut)


(Deskripsi : A sama dengan satu dikurangi dua setengah dikali sepuluh ditambah tiga. langkah selanjutnya tinggal dikalikan. Sesuai dengan aturan kita dahulukan perkalian)

A = 1-25+3

(Deskripsi : A sama dengan satu dikurangi dua puluh lima ditambah tiga)

maka diperoleh nilai A

A = -21

Pernyataan B


(Deskripsi : dibaca : B sama dengan tiga dibagi tiga perempat persen dikurangi tiga ditambah enam dikali nol. Pada kasus pernyataan B maka bisa kita selesaikan pembagian yang sebelah kiri dan perkalian sebelah kanan



(dibaca : B sama dengan tiga dibagi tiga perempat persen dikurangi tiga ditambah enam dikali nol. pada tiga perempat dikali satu per seratus didahulukan karena mengkonversikan persentase dalam satu nilai. Kemudian nol diperoleh dari enam kali nol dan tiga perempat persen harus diberi kurung karena senilai)


(dibaca : B sama dengan tiga dibagi tiga perempat ratus dikurangi tiga ditambah  nol. pada proses ini kita balik tiga per empat ratus)


(dibaca : B sama dengan tiga dikali empat ratus per tiga dikurangi tiga ditambah  nol. pada proses ini operasikan tiga dibagi tiga kemudian dikali empat ratus) 

B = 400-3

(dibaca : B sama dengan empat ratus dikurangi tiga)

B = 397

(dibaca : B sama dengan tiga ratus sembilan puluh tujuh)

Dari pernyataan A dan B nilai A = -21, dan nilai B = 397)

a. A > B (dibaca A lebih besar dari B)

apakah benar -21 > 397 (negatif dua puluh satu lebih besar dari tiga ratus sembilan puluh tujuh)? yups hubungan a salah ya

b. B > A (dibaca B lebih besar dari A)

apakah benar 397 > -21 (tiga ratus sembilan puluh tujuh lebih besar dari negatif dua puluh satu) ? yups hubungan b benar ya

c. 2A < 3B (dibaca dua kali A lebih besar dari tiga kali B)

Apakah benar 2A < 3B (dibaca dua kali A lebih besar dari tiga kali B)?
mari kita selesaikan

2A = 2.(-21) = -42

(dibaca : dua kali A sama dengan dua kali negatif dua puluh satu sama dengan negatif empat puluh dua)

3B = 3.397 = 1191

(dibaca : tiga kali B sama dengan tiga kali tiga ratus sembilan puluh tujuh sama dengan seribu seratus sembilan puluh satu)

maka apakah benar -42 < 1191 (negatif empat puluh dua lebih kecil dari seribu seratus sembilan puluh satu) ? Yups hubungan c juga benar.

Jadi yang ada hubungan adalah b dan c ya....

Terima kasih sudah mau menyimak... apabila ada pertanyaan mengenai masalah matematika bisa DM (kirim pesan pribadi) melalui link di bawah ini ya...