Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Operasi Penjumlahan dan Pengurangan Desimal, persen, dan Pecahan - Sibu ( Sedekah Ilmu di waktu subuh )



Assalamualaikum, pada kesempatan kali ini saya mendapatkan masalah sebagai berikut

Selesaikan soal berikut:


(dibaca : satu koma tujuh lima dikurangi tiga tiga per empat persen ditambah empat koma lima)

pada penyelesaian agar memudahkan pada pemahaman pembaca, maka saya pecah menjadi beberapa bagian. kemudian pada kesempatan ini saya gunakan cara cepat untuk dapat menyelesaikan masalah tersebut.

Apabila kita perhatikan, soal di atas akan lebih mudah kita ubah menjadi persen karena angkanya lebih mudah dihitung karena ratusan, daripada dibentuk ke desimal maupun pecahan. Minimal ada lebih cepat dalam penyelesaian

Bagian 1

1,75 (dibaca satu koma tujuh lima) kita ubah ke persen. Untuk Kalian yang senang menggunakan kalkulator, silahkan kalikan dengan seratus dengan mengabaikan persen karena apabila kalian masukkan dengan memasukkan seratus persen maka jawaban akan satu koma tujuh lima dan itu belum persen. perhatikan ilustrasi berikut:

1,75 x 100% saya tuliskan (1,75x100)%
(dibaca: satu koma tujuh lima kali seratus persen saya tuliskan kurung buka satu koma tujuh lima kali seratus kurung tutup kali persen. Hal ini karena seratus persen bernilai satu)

sehingga nilainya menjadi 175% (seratus tujuh puluh lima persen)

Bagian 2

(dibaca : tiga tiga per empat persen sama dengan kurung buka tiga ditambah tiga per empat kurung tutup dikali persen -- satu perseratus)

(3+0,75)% = 3,75%

(dibaca: kurung buka tiga ditambah nol koma tujuh lima kurung tutup dikali persen -- satu perseratus sama dengan tiga koma tujuh lima persen)

Bagian 3

4,5 (dibaca empat koma lima) kita ubah ke persen. Untuk Kalian yang senang menggunakan kalkulator, silahkan kalikan dengan seratus dengan mengabaikan persen karena apabila kalian masukkan dengan memasukkan seratus persen maka jawaban akan satu koma tujuh lima dan itu belum persen. perhatikan ilustrasi berikut:

4,5 x 100% saya tuliskan (4,5x100)%
(dibaca: empat koma lima kali seratus persen saya tuliskan kurung buka empat koma lima kali seratus kurung tutup kali persen. Hal ini karena seratus persen bernilai satu)

sehingga nilainya menjadi 450% (empat ratus lima puluh persen)

apabila dikonversikan menjadi :

Bagian 1 - bagian 2 + bagian 3
(dibaca: bagian satu dikurangi bagian dua ditambah bagian tiga)

Langkah pertama

Bagian 1 - bagian 2
(dibaca : Bagian satu dikurangi bagian dua)

175% - 3,75% = 171,25%
(seratus tujuh lima persen dikurangi tiga koma tujuh lima persen sama dengan seratus tujuh puluh satu koma dua lima persen)

Langkah terakhir

(Bagian 1 - bagian 2) + bagian 3
(dibaca: bagian satu dikurangi bagian dua ditambah bagian tiga)

setelah langkah pertama terselesaikan maka
171,25% + 450% = 621,25%
(Deskripsi : seratus tujuh puluh satu koma dua lima ditambah empat ratus lima puluh persen sama dengan enam ratus dua puluh satu koma dua lima persen)

kemudian apabila diminta hasilnya adalah desimal, pecahan, maupun pecahan campuran maka tinggal konversikan:

Konversi ke Desimal

(Deskripsi : enam ratus dua puluh satu koma dua lima persen sama dengan enam ratus dua puluh satu koma dua lima per seratus)

(Deskripsi : enam ratus dua puluh satu koma dua lima per seratus sama dengan enam koma dua satu dua lima)

Konversi ke Pecahan


(Deskripsi : enam ratus dua puluh satu koma dua lima persen sama dengan enam ratus dua puluh satu koma dua lima per seratus)

(Deskripsi : enam ratus dua puluh satu koma dua lima per seratus sama dengan enam ratus dua puluh satu koma dua lima per seratus dikali seratus dibagi seratus)

 
(Deskripsi : enam ratus dua puluh satu koma dua lima per seratus dikali seratus dibagi seratus sama dengan enam puluh dua ribu seratus dua puluh lima per sepuluh ribu)

Konversi ke Pecahan Campuran

(Deskripsi : enam puluh dua ribu seratus dua puluh lima per sepuluh ribu sama dengan enam dua satu dua lima per sepuluh ribu)

Terima kasih sudah mau menyimak... apabila ada pertanyaan mengenai masalah matematika bisa DM (kirim pesan pribadi) melalui link di bawah ini ya...