Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Surat Cinta Siswa Matematika - Cerita


Assalamualaikum Warohmatullahi Wabarokatu, Pada hari ini saya share (berbagi) mengenai balada cinta siswa pecinta matematika. 

Sebagai Catatan: Penulis mohon maaf apabila ada kesamaan Nama dan alur cerita karena pada hakekatnya cerita ini hanya untuk cerita hiburan untuk anak matematika

Pada suatu pagi yang cerah, siswa sekolah masuk kelas dengan ditandai bel masuk sekolah. Seperti biasanya masuk ke kelas untuk mengikuti pembelajaran.

Jam pertama dimulai dengan pelajaran matematika. Guru membagi menjadi beberapa kelompok. Satu kelompok terdiri dari dua siswa. Kita panggil Bunga dan Jaka yang akan menjadi aktor pada cerita kali ini.

Hari semakin berlalu dan mulailah ketertarikan Jaka ke Bunga. Bunga merupakan siswi yang berprestasi bidang matematika dan sangat tertarik dengan pembicaraan tentang matematika. Bunga selalu berharap semoga pacar dia juga orang yang mencintai bidang matematika.

Kemudian Jaka pun mencari cara untuk mendapat perhatian dari Bunga. Pada akhirnya masuk waktu mau menembak Bunga dengan kata-kata cinta. Jaka mencari kata-kata yang cocok dengan perasaan dengan keinginan Bunga. Akhirnya dibuat rumus matematika menggunakan sistem persamaan tiga variabel.

9 x – 7 i > 3 ( 3 x – 7 u )

(Dibaca : sembilan x dikurangi tujuh i lebih besar dari tiga dikali kurung buka tiga x dikurangi tujuh u kurung tutup)

9 x – 7 i > 3 . 3 x – 3 . 7 u

(Dibaca : sembilan x dikurangi tujuh i lebih besar dari tiga dikali tiga x dikurangi tiga kali tujuh u)

9 x – 7 i > 9 x – 21 u

(dibaca : sembilan x dikurangi tujuh i lebih besar dari sembilan x dikurangi dua puluh satu u)

9 x – 9 x – 7 i > 9 x – 9 x – 21 u

(dibaca : sembilan x dikurangi sembilan x dikurangi tujuh i lebih besar dari sembilan x dikurangi sembilan x dikurangi dua puluh satu u. Kenapa dikurangi 9x? karena lajur kanan dan kiri setelah tanda lebih besarmempunyai nilai yang sama)

(-7 i) . ( -1 ) > -21 u. (-1)

(dibaca : negatif tujuh i dikalikan negatif 1 lebih besar dari negatif dua puluh satu u dikalikan negatif satu. Kenapa dikalikan negatif satu? Karena kita ingin menerjemahkan ke bilangan bulat positif. Efek sampingnya adalah tanda lebih besar dari menjadi lebih kecil dari)

7 i < 21 u

(dibaca : tujuh i lebih kecil dari dua puluh satu u)

(7 : 7 ) i < ( 21 : 7 ) u

(dibaca tujuh dibagi tujuh i lebih kecil dari dua puluh satu dibagi tujuh u.  yang menjadi catatan adalah ruas kanan dan kiri dibagi tujuh agar didapat ruas kiri i sehingga terbaca i yang artinya saya)

i <3 u

(akhirnya didapat deh kata I Love You dimana yang diwakilkan dengan simbol i yang artinya saya, lebih kecil dari tiga artinya Love, dan simbol u yang artinya you --- kamu)

Dari pernyataan di atas, perlu kita garis bawahi bahwasanya apabila kita ingin mendapatkan sesuatu, cintailah dengan dunia yang ingin kamu capai. Sama halnya seperti kamu sebagai guru, agar dicintai siswa maka harus analisis apa yang menjadi kecintaan mereka pada dunianya. Apabila dunianya adalah bola maka baik materi hingga soal ubah semua ke bola sehingga mereka saat mengikuti pembelajaran baik secara daring maupun luring tidak merasa terbebani. Malahan saat pembelajaran tidak ada, mereka akan menanyakan kapan pembelajaran kembali?

Terima kasih sudah mau menyimak... apabila ada pertanyaan mengenai masalah matematika bisa DM (kirim pesan pribadi) melalui link di bawah ini ya...