Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jenis Beasiswa di Lingkungan Universitas Bina Bangsa Getsempena - Info

Assalamualaikum teman-teman mahasiswa, tentu kalian penasaran dong jenis beasiswa yang ada di Universitas Bina Bangsa Getsempena? Penasaran nggak penasaran nggak? Masa Nggak, ya penasaran lah... Kali ini saya akan membahas satu per satu jenis beasiswa yang ada di Lingkungan Universitas Bina Bangsa Getsempena, silahkan disimak ya... jangan lupa kopi dan snacknya sambil dinikmati.

Jenis Beasiswa di Lingkungan Universitas Bina Bangsa Getsempena dari yang sedang berjalan hingga yang direncanakan ada.

Beasiswa yang sedang berjalan:

1. Beasiswa Unggulan

Nah pada beasiswa ini lahir pada tahun 2019 dan diperuntukan untuk mahasiswa angkatan 2019. Untuk saat ini beasiswa ini sudah tidak membuka kuota penerimaan lagi. 

2. Beasiswa Bidik Misi

Beasiswa bidik misi merupakan beasiswa untuk siswa yang akan melanjutkan beasiswa ke jenjang S1 namun terkendala dengan biaya. Beasiswa ini terdiri dari biaya kuliah dan uang saku dari negara. beasiswa ini berakhir (tidak membuka kuota penerimaan lagi) pada tahun 2020 karena pada tahun 2020 sudah berubah nama menjadi beasiswa KIP Kuliah (atau lebih dikenal kartu indonesia pintar).

3. Beasiswa KIP Kuliah (Kartu Indonesia Pintar)

Beasiswa KIP Kuliah (Kartu Indonesia Pintar) merupakan perubahan nama dari Beasiswa Bidik Misi. Yang menjadi perbedaan pada beasiswa KIP Kuliah (Kartu Indonesia Pintar) dengan beasiswa bidik misi adalah pada sistem penerimaannya.

Beasiswa Bidik Misi : Mahasiswa Baru yang layak mendapat beasiswa membawa berkas secara manual ke kampus dan kampus menginput pada menu yang sudah disediakan di sim-bidikmisi
Beasiswa KIP Kuliah (Kartu Indonesia Pintar) : Mahasiswa Baru mendaftar melalui https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/siswa/auth/login dan tugas kampus selanjutnya melakukan penetapan

adapun persamaan Beasiswa KIP Kuliah (Kartu Indonesia Pintar) dan beasiswa bidik misi : keduanya sama-sama siswa yang akan melanjutkan kuliah harus tes secara akademik terlebih dahulu, melalui wawancara, dilakukan pengecekan berkas tentang nilai kelayakan berdasarkan tingkat kemiskinan, dan review hasil tes, wawancara, dan berkas kelayakan. Setelah selesai keduanya dilakukan penetapan dan dikeluarkan SK penetapan penerima beasiswa tingkat institusi. 

adapun mahasiswa baru yang dapat mendaftar KIp berdasarkan dari portal kip kuliah adalah siswa lulusan tahun 2019, 2020, dan 2021 apabila mengajukan KIP pada tahun 2021. Kebijakan tersebut bisa Anda lihat pada portal https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/ terkait kebijakan ke depannya.

4. Beasiswa UKT (Beasiswa Uang Kuliah Tunggal)

Beasiswa UKT (Beasiswa Uang Kuliah Tunggal) adalah jenis beasiswa 2 semester untuk mahasiswa yang terdampak covid 19 baik dari yang usaha keluarga yang mulai menurun (nol pendapatan) hingga keluarga inti yang membantu kuliah meninggal dunia. Jenis beasiswa ini berdasarkan kuota yang ditentukan pemerintah.

5. Beasiswa Tahfidz

Beasiswa tahfidz ditujukan untuk mahasiswa yang mempunyai kemampuan di bidang keislamanan (hapal 5 Juz). Mekanismenya: ajukan ke ketua prodi, kemudian ketua prodi melapor ke Bidang Beasiswa (wakil rektor 3) kemudian apabila permohonan dikabulkan maka calon penerima beasiswa akan di tes oleh UBAIK UBBG. 

6. Beasiswa Yayasan

Beasiswa Yayasan merupakan beasiswa yang ditujukan yayasan untuk mahasiswa Universitas Bina Bangsa Getsempena yang mempunyai prestasi ikut mengharumkan nama kampus di kancah nasional maupun internasional. Beasiswa ini dibuka setiap saat dengan mekanisme: Mahasiswa berprestasi mengajukan diri ke ketua prodi, kemudian dari ketua prodi mengajukan ke bidang beasiswa di bawah wakil rektor 3.

7. Beasiswa Aceh Carong (Beasiswa Pemerintah Aceh melalui BPSDM)

Beasiswa Aceh Carong (Beasiswa Pemerintah Aceh melalui BPSDM) adalah beasiswa yang diperuntukan untuk masyarakat Aceh yang mempunyai potensi akademik yang hebat (carong atau bahasa indonesianya pintar). Beasiswa ini hampir sama dengan KIP Kuliah namun perbedaannya adalah dari apa yang didapat dan penyelenggara yang dilakukan oleh pemerintah Aceh.

Beasiswa yang direncanakan Ada: 

Beasiswa YouTuber

Beasiswa Youtuber merupakan beasiswa yang ditujukan untuk mahasiswa baru yang mempunyai talenta dan kreativitas di bidang Video. Beasiswa ini dicanangkan guna memberikan atmosfer akademik yang sesuai dengan tuntutan pembelajaran Abad 21 yang menuntut pembelajaran secara mandiri dan secara terbimbing ( Hybrid Learning ). Tentu kriteria dan ketentuan akan diberlakukan untuk penerima beasiswa ini oleh pemangku kebijakan kampus universitas bina bangsa getsempena.

Dari jenis Beasiswa di atas, silahkan kenali dan lamar sesuai dengan kriteria Anda ya....

Update Berita : 7 November 2021