Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

4 Tips dan Trik Menerima Lebih Banyak Mahasiswa Baru

 


Tips dan Trik Menerima Lebih Banyak Mahasiswa Baru : Mahasiswa baru merupakan komponen penting pada sebuah perguruan tinggi karena tanpa mahasiswa ibarat kata keluarga tanpa adanya anak :'( (Sambil curcol ya guys). Oke kembali lagi pada pembahasan mahasiswa baru. Tentu setiap perguruan tinggi apalagi perguruan tinggi swasta akan mati-matian mencari mahasiswa baru karena dari sanalah perguruan tinggi juga mendapatkan income guna memenuhi kebutuhan perguruan tingginya meski tidak satu-satunya. Nah berikut saya sampaikan beberapa Tips dan Trik Menerima Lebih Banyak Mahasiswa Baru.

Nah sebelum memulai, insprirasi ini saya dapat dari beberapa percetakan yang kemerosotan usahanya baik dari percetakan sebesar gramedia dan kawan-kawan, namun ada percetakan yang malah omsetnya naik drastis selama pandemi covid 19.

Ternyata oh ternyata rahasianya akhirnya terbongkar saat webinar IKAPI Jakarta. Pada saat webinar, percetakan tersebut sharing bahwasanya mereka menggunakan DATABASE sebagai marketing mereka. ehay makanan apa pula database?

Database merupakan serangkaian pencatatan data pada suatu kejadian atau tempat. Maksud dari percetakan tersebut adalah mereka mendata konsumen dan penulis yang pernah berinteraksi dengan percetakan tersebut. Mereka memberikan tawaran-tawaran melalui SMS, WA, Email dan Telpon apabila ada promo percetakan. Selain itu mereka menjajaki iklan melalui sosial media dengan target marketing yang sesuai dan menguatkan bahwasanya meski pandemi mereka masih eksis.

Lalu bagaimana kaitannya dengan mahasiswa baru apa dong? Tentunya ada dong dari kejadian tersebut ide:

Tips dan Trik Menerima Lebih Banyak Mahasiswa Baru

Bermain Kekuatan Database Beasiswa

Nah pada bagian ini, bagaimana Tips dan Trik Menerima Lebih Banyak Mahasiswa Baru? Silahkan untuk dapat mendata kembali dari tahun ke tahun berapa beasiswa yang sering ada di perguruan tinggi. Apabila kekuatannya kuat, bisa memulai penyeleksian calon mahasiswa sewaktu siswa kelas 3 SMA jalur beasiswa. Kemudian untuk dapat memperoleh database penerimaan tanpa bayar tes masuk dan melalui 3 tahapan. Tahapan 1: Seleksi administrasi. Pada tahap ini pilih mereka (Calon mahasiswa baru untuk memilih beasiswa KIP atau beasiswa lainnya) tentunya hanya pada berkas persyaratan KIP dan nilai raport atau Kartu Siswa untuk membuktikan bahwasanya mereka siswa SMA kelas 3. Apabila memenuhi syarat, maka dapat melanjutkan ke tahap selanjutnya. Tahap 2: Seleksi Ujian berbasis komputer. Hal ini untuk mempermudah pengecekan soal dengan cepat. tahap 3: Seleksi Minat dan Bakat. Pada tahap 2 dan 3 perguruan tinggi bisa digabung guna mendapat bibit mahasiswa baru yang berkualitas. Nah pada pembukaan jalur beasiswa ini jangan sekaligus langsung menerima ratusan mahasiswa. Namun ada pembagian gelombang agar database mahasiswa baru semakin lengkap. Baiknya sosialisasi perlu guna menambah daya tarik. Bisa melalui fanspage dan website kampus maupun melibatkan mahasiswa yang memiliki dan aktif bersosial media serta mendatangi ke sekolah-sekolah.

Database Calon Mahasiswa

Setelah pada Tips dan Trik Menerima Lebih Banyak Mahasiswa Baru pertama, kita kan mendapatkan database calon mahasiswa. Perguruan tinggi baiknya agresif untuk memberikan informasi kampus baik itu kegiatan mahasiswa maupun promo-promo karena kampus sebagai lembaga komersil perlu trik yang keren. Berikan game-game maupun keunggulan perguruan tinggi agar mereka menambah yakin dengan perguruan tinggi kita. Selain itu hindari publikasi menggunakan gambar karena kita tahu calon mahasiswa kuatir memori handphone mereka penuh karena gambar-gambar dari kita. Jadi yang dilakukan adalah memberikan berita beserta link webnya dimana di dalam web tersebut memuat gambar unggulan yang luar biasa keren.

Tonjolkan prestasi dan Kegiatan Mahasiswa

Pada saat ini, pencitraan melalui media sangat lah berpengaruh terhadap kreditibilitas perguruan tinggi terutama untuk menarik mahasiswa baru. Apabila tidak ada publikasi, bisa mulai menggenjot kegiatan-kegiatan dengan publikasi di sosial media. Lalu bagaimana Tips dan Trik Menerima Lebih Banyak Mahasiswa Baru dengan proses ini? Catat mahasiswa yang memiliki eksistensi yang bagus pada sosial media kemudian buat saja lomba dengan jumlah like terbanyak dan jumlah penonton. Tentu lomba ini dengan bertemakan kehidupan perguruan tinggi kita ya. Agar lebih menghemat lagi perguruan tinggi untuk dapat publikasi yang berkualitas dan kekinian, bisa dengan memberikan beasiswa untuk YouTuber, seleb instagram dll yang terkait dengan media sosial kekinian. Setelah adanya pemberian beasiswa, minta mereka membuat 1 atau 2 Video setiap semesternya tentang perguruan tingginya yang kemudian mereka harus mempublikasikannya ke sosial media mereka.

Libatkan Stakeholder

Stakeholder?

apa ya? Kalo di pendidikan berarti ya guru, kepala sekolah, praktisi, pemuka agama dan lain-lain. Lalu bagaimana Tips dan Trik Menerima Lebih Banyak Mahasiswa Baru? Pendekatan dengan stakeholder perlu menjadi prioritas karena orang tua calon mahasiswa atau calon mahasiswa untuk mendaftar ke perguruan tinggi. Hal ini nilai plus terlebih penilaian baik dari stakeholder sehingga menjadi magnet tersendiri.