Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

3 Trik Penyusunan Buku/Video Petunjuk Penggunaan Media Pembelajaran

Pada Hari ini kita akan membahas mengenai trik penyusunan Buku/video petunjuk Penggunaan Media Pembelajaran dan pentingnya pembuatan Buku/video penggunaan media pembelajaran. Buku/Video Penggunaan Media Pembelajaran bertujuan untuk mendeskripsikan kegunaan media pembelajaran, komponen yang ada pada media, dan hal yang perlu (langkah-langkah) pada penggunaan media pembelajaran sehingga di saat media pembelajaran itu digunakan oleh guru, mahasiswa, maupun praktisi pendidikan tidak perlu lagi kehadiran pembuat media pembelajaran tersebut untuk menjelaskan langkah, komponen dan kegunaan media pembelajaran.

berikut saya sajikan komponen pada Buku/Video Petunjuk Penggunaan Media Pembelajaran:

Introduction trik Penyusunan Buku/Video Petunjuk Penggunaan Media Pembelajaran

Introduction Buku Petunjuk Penggunaan Media pembelajaran

Hal yang menjadi perhatian pada introduction pada trik Penyusunan Buku/Video Petunjuk Penggunaan Media Pembelajaran adalah kesesuaian pengenalan media pembelajaran diawal (hingga penjelasan media pembelajaran awal sebelum pengembangan) sehingga menjadi daya tarik pembaca untuk menggunakan media pembelajaran. adapun komponen introduction adalah :

Cover

Pada bagian cover perlu polesan yang baik, baik tata letak dan pemilihan gambar yang mewakili isi penggunaan media pembelajaran karena kesan pertama pengguna ada pada cover.

Kata Pengantar

Kata pengantar berisi ucapan terima kasih kepada pihak yang telah membantu. Lebih baik cantumkan nama pihak yang pakar di bidang tersebut sehingga menambah daya tarik pengguna untuk menggunakan karena pengguna merasa media yang mereka gunakan memang berkualitas.

Isi komponen (daftar isi)

pada isi komponen berisi tentang perlengkapan komponen media pembelajaran. Hal ini sebagai rujukan bahwa media pembelajaran dalam keaadan lengkap dan kesiapan media dalam penggunaanya

Introduction Video Petunjuk Penggunaan Media pembelajaran

Sama halnya dengan introduction Buku Petunjuk penggunaan Media Pembelajaran, introduction Video Petunjuk penggunaan Media Pembelajaran juga memerlukan introduction agar menarik penonton/guru/pengguna menggunakan media pembelajaran. adapun komponen introduction adalah :

Video Intro yang mewakili penggunaan media pembelajaran

Baiknya untuk petunjuk penggunaan media pembelajaran menggunakan intro/potongan video pada bagian-bagian yang membuat penasaran pengguna sehingga pengguna mau melanjutkan menggunakan media pembelajaran (hingga penjelasan media pembelajaran awal sebelum pengembangan).

Testimoni dan Ucapan Terima Kasih kepada pihak yang terlibat

Setelah video intro, berikan gambar atau cuplikan testimoni dari ahli guna memberikan respon positif pengguna agar lebih percaya bahwa media pembelajaran tersebut baik.

Isi komponen (daftar isi)

pada video isi komponen berisi tentang perlengkapan komponen pada media pembelajaran. Hal ini sebagai rujukan bahwa media pembelajaran dalam siap untuk pembelajaran.

Langkah-langkah Penggunaan Media Pembelajaran

media pembelajaran yang baik adalah media pembelajaran yang menyediakan langkah penggunaannya secara detail. tujuannya adalah pengguna dapat menggunakan media pembelajaran dan mengembangkan serta memodifikasi ke pendekatan, model, strategi, metode pembelajaran.

Evaluasi (output) Pembelajaran

sebagai media pembelajaran yang baik, alat pengukuran atau penilaian sangat perlu guna mengukur kefektifitasan media pembelajaran. hal ini mengingat feedback dalam pembelajaran sangat penting sebagai tolak ukur keberhasilan pembelajaran dan sebagai bahan pertimbangan pengembangan media pembelajaran selanjutnya. 

Media pembelajaran yang baik tentunya harus mempertimbangkan dari segi peningkatan tiga aspek hasil belajar. Tiga aspek hasil belajar tersebut antara lain aspek sikap atau biasa orang menyebutnya afektif, aspek pengetahuan atau biasanya orang menyebut dengan kognitif, dan aspek keterampilan atau biasa orang menyebut dengan kata psikomotorik. Apabila ketiga aspek tersebut dapat masuk dalam satu media pembelajaran yang telah berkembang, maka akan menjadi sebuah keyakinan bahwasanya media pembelajaran tersebut menjadi pertimbangan tersendiri untuk guru atau orang tua atau pengguna menggunakan sebagai alat untuk mengembangkan potensi anak. Hal ini menjadi pemikiran karena sudah banyak orang tua yang sadar pentingnya pendidikan terutama penggunaan media pembelajaran sebagai alat bantu belajar.

Biodata Pembuat Media Pembelajaran

pada akhir dari buku /video petunjuk penggunaan media pembelajaran perlu pencamtuman biodata pembuat/pengembang media pembelajaran. Tujunnya adalah:

  1. Petanggungjawaban konten dari media pembelajaran
  2. kemudahan dalam menghubungi apabila ada kendala saat menggunakan media pembelajaran tersebut
  3. kemduahan dalam mendapatkan ijin apabila ingin menggunakan, mengembangakan, dan memodifikasi media pembelajaran
  4. kemudahan apabila ada pengguna yang ingin membuat media pembelajaran yang sejenis.