Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Point Penting pembahasan 23 November 2020

Point Penting pembahasan 23 November 2020 : Pada perkuliahan hari ini, 23 November 2020 saya menggunakan 4 quiz dan 1 tugas mandiri. Nah, kita bahas satu-satu ya....



Quiz 1 : Bilangan Negatif

Pada Point Penting pembahasan 23 November 2020 pertama : bagaimana cara membaca simbol -1? Jawabannya adalah negatif satu. Seperti pada pembahasan sebelumnya: ada hal yang unik pada pembacaan Bilangan Bulat. Dahulu saat guru kita mengajar, pengucapan ada yang biasa menjadi pengucapan apabila negatif menjadi min dan positif tidak perlu adanya pengucapan. nah sekarang kita bahas mengenai cara bacanya ya….

-1 cara bacanya adalah negatif tiga
lantas kan timbul tanya, guru saya kok ngajari saya pake min? Ya udah nggak apa-apa, yok kita yang generasi muda mengubah pelan-pelan kebiasaan pengucapan tanpa menyakiti orang tua yang mengajari kita dan kita berikan alasan yang baik sebagai generasi penerus bangsa yang siap 
go internasional.

Quiz 2 : bagaimana cara membaca simbol 1-3 = ?

pada pembahasan quiz kedua: 1-3 = cara membacanya adalah satu kurang 3 sama dengan. Tanda "-" pada 1-3 mempunyai arti min atau kurang bukan negatif. Hal ini karena tanda "-" merupakan kata operasi bilangan. 

Quiz 3 : bagaimana cara membaca simbol 1-(-3) adalah ....

Pada pembacaan simbol 1-(-3) adalah satu min negatif tiga atau satu kurang negatif tiga. Pada penegasannya: tanda "-" di belakang satu merupakan tanda min atau kurang (Kata Operasi) sedangkan tanda "-" yang ada dalam kurung merupakan negatif. Lebih mudah dalam menjelaskannya yaitu: setelah simbol angka di depan adalah kata operasi sedangkan apabila setelah kata operasi ada kurung maka tanda "-" pada simbol tersebut adalah tanda negatif.

Quiz 4: Ada seseorang menyelesaikan masalah operasi bilangan bulat 4:-2 = 2. Kemudian saat disuruh membaca: empat dibagi min 2 sama dengan positif 2. Menurut Anda, apakah benar pernyataan orang tersebut? Jelaskan jawaban Anda!

Pada quiz 4, ada beberapa permasalahan yang dapat kita analisis kesalahannya:

  1. Hasil: Pada hasil, seyogyanya empat bagi negatif dua sama dengan negatif 2 bukan dua. hal ini karena kita harus ingat bahwasanya: positif bagi positif hasilnya adalah positif; positif bagi negatif hasilnya adalah negatif, negatif bagi positif hasilnya adalah negatif; dan negatif bagi negatif hasilnya adalah positif.
  2. penulisan simbol: seperti kita ketahui pada postingan sebelumnya, setelah simbol operasi apabila bilangannya adalah negatif, maka harus diberi tanda kurung, sehingga penulisannya menjadi 4:(-2)= -2. berbeda dengan halnya ketentuan kurung, setelah tanda sama dengan tidak memerlukan kurung (tidak 4:(-2)=(-2)), namun cukup dalam penulisannya: 4:(-2)= -2. Apabila negatif sebelum simbol operasi, maka perlakukan tanpa kurung juga dilakukan. Misal : -4:(-2)
  3. pelafalan atau pembacaan simbol: 4:(-2)= -2 cara baca yang betul adalah empat bagi negatif dua sama dengan negatif dua BUKAN Min. Penyebutan positif tidak umum pada pelafalan tanda positif. 

Tugas Mandiri : How to Solve: 3-(-3)*0:(2+3) = ... ? Please Explain your answer!

Dalam menyelesaikan masalah: How to Solve: 3-(-3)*0:(2+3) = ... ? Please Explain your answer! memiliki beberapa point penting:

  1. perlu mengigat kembali kaidah perhitungan dasar bilangan. Nah pada kaidah perhitungan dasar bilangan nanti kalian harus ingat bahwa kaidah perhitungan mengawali perhitungannya dari yang dalam kurung; perkalian dan pembagian sebelah kiri, dan penjumlahan dan pembagian sebelah kiri. Hal ini tidak boleh kalian lakukan modifikasi kaidah ini karena sudah menjadi kesepakatan.
  2. ingat kembali apabila nol bagi bilangan selain nol maka hasilnya adalah nol. Namun apabila bilangan selain nol bagi bilangan nol maka nilainya adalah tidak terdefinisi dan apabila nol bagi nol maka hasilnya adalah tak terhingga.

Jadi, How to Solve? (Artinya: Bagaimana cara menyelesaikan .... ?). Yok kita bahas pelan-pelan. 

langkah awal: tentukan mana yang harus menjadi prioritas penyelesaian. Nah dapat kita yang dalam kurung kita selesaikan terlebuh dahulu.

(2+3) ...... Harus selesai dulu

2+3 = 5

Selanjutnya: setelah selesai yang dalam kurung, kita selesaikan perkalian maupun negatif sebelah kiri

-3*0:5 = 0:5=0

baru penjumlahan dan pengurangan sebelah kiri

3-0 = 0

Sehingga dapat penyelesaian bahwasanya 3-(-3)*0:(2+3) = 3 atau apabila kita akan melafalkan atau membacanya adalah 3 kurang negatif 3 kali 0 dibagi kurung buka dua tambah tiga kurung tutup sama dengan 3.

Nah dari sini adalah penjelasan dari pertemuan hari ini, apabila ada pertanyaan, silahkan kalian bisa klik Kontak pada bagian bawah pada web ini.

Sekian ulasan dari saya, lebih kurangnya saya mohon maaf, semoga bermanfaat. TERIMA KASIH